Main Article Content

Abstract

Media kartu adalah salah satu inovasi media pembelajaran yang terdiri dari berbagai jenis. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas melalui studi perbandingan antara Kartu Pintar dan Truth and Dare pada  materi larutan penyangga di SMA Negeri 1 Alalak. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain non equivalent group design. Teknik analisis instrumen menggunakan validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pemebeda soal. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan  media Kartu Pintar dan Truth and Dare dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai postest yang menggunakan kartu pintar menghasilkan nilai yang lebih baik dari pada yang menggunakan media truth and dare. Serta terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan  media kartu pintar dan truth and dare dilihat dari hasil ttabel < thitung yang diperoleh ttabel 2,008 dan thitung 3,242.

Keywords

Media Pembelajaran Inovasi Media Efektifitas Media

Article Details

How to Cite
Dony, N., Mashuri, M. T., & Nuriah, N. (2019). Perbandingan Media Kartu Pintar dan Truth and Dare Terhadap Hasil Belajar Materi Larutan Penyangga di SMAN 1 Alalak. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 4(2), 115-120. https://doi.org/10.24905/psej.v4i2.10

References

  1. Attaqiana, M. R., & Binadja, A. (2016). Pengembangan Media Permainan Truth and Dare Bervisi Sets Guna Memotivasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(2), 1798–1806.
  2. Dolong, H. M. J. (2016). Teknik analisis dalam komponen pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), 293–300.
  3. Dony, N., Nuriah, Jurniah, & Karina. (2018). Media Pembelajaran Kimia Menggunakan Karu. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 3(November), 392–400. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.28926/briliant .v3i3.226
  4. Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117.
  5. Fallo, J. O., Setiawan, A., & Susanto, B. (2013). Uji Normalitas Berdasarkan Metode Anderson- Darling, Cramer-Von Mises dan Lilliefors Menggunakan Metode Bootstrap. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY (hal. 151–158). Yogyakarta.
  6. Hibra, B. Al, & Soejoto, A. (2016). Analisis Pengembangan Media Permainan Truth and Dare Untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JPE), 4(3), 1–5.
  7. Mahnun, O. N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Pemikiran Islam, 37(1), 27–35.
  8. Marsita, R. A., Priatmoko, S., & Kusuma, E. (2010). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa SMA Dalam Memahami Materi Larutan Penyangga Dengan Menggunakan Two-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument. Jurnal inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 512–520. https://doi.org/10.1016/j.toxlet.2010.05.012
  9. Meilan, W., Rohiat, S., & Amir, H. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Call Card dan Truth and Dare. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 1(1), 39–43.
  10. Mimmah, M., & Nasir, M. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Sains IPA Fisika Siswa Dengan Menerapkan Media Permainan Truth And Dare. Jurnal online mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 1–11.
  11. Muhibbi, S., Faizah, U., & F, A. N. M. (2017). Pengaruh Media Permainan Kartu Pintar Terhadap Ketuntasan Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Tumbuh-Tumbuhan. E-Jurnal Pensa, 5(3), 1–5.
  12. Qurniawati, A., Nugroho, A., & Saputro, C. (2013). Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Media Kartu Pintar dan Kartu Soal Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas X Semester Genap SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(3), 166–174.
  13. Ristiyani, E., & Bahriah, E. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Di SMAN X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(1), 18–29.
  14. Sari, Y. A., Bahar, A., & Rohiat, S. (2017). Studi Perbandingan Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Media Kartu Pintar dan Kartu Kemudi Pintar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 1(1), 44–48.
  15. Swerdlik, C. (2009). An Introduction to Tests and Measurement (7 ed.). Unites State: McGraw-Hill.
  16. Syofian Siregar. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia Group.
  17. Windiastuti, E. P. (2014). Pengembangan Media Permainan Kartu Pintar Pada Pembelajaran IPA Materi Kelompok Tumbuh-Tumbuhan di SMP. Pendidikan Sains, 2(2), 300–307.