Main Article Content

Abstract

Multimedia interaktif merupakan suatu tampilan agar tampilannya dapat menginformasikan pesan dan memiliki interaktivitas kepada penggunanya. Multimedia interaktif dikembangkan menggunakan Microsoft Power Point, I-spring dan Website 2 Apk. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menguji kelayakan multimedia interaktif berbasis android pada materi struktur bumi dan perkembangannya. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Bangkalan. Instrumen uji coba yang digunakan adalah lembar validasi ahli media, ahli materi, dan angket respons peserta didik. Hasil data validitas berdasarkan aspek media memperoleh sebesar 0,98 dan reliabilitas sebesar 98%  sedangkan berdasarkan aspek materi memperoleh validitas sebesar 0,96 dan reliabilitas sebesar 98%. Hasil respons peserta didik terhadap multimedia interaktif berbasis android memperoleh sebesar 88% pada uji peroranga, 85% pada uji kelompok kecil, dan 77% pada uji kelompok besar. Hal tersebut menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis android sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.


Kata Kunci: android, multimedia interaktif, respons peserta didik

Keywords

Android multimedia interaktif respon peserta didik

Article Details

How to Cite
Ahmad, L. N. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android pada Materi Struktur Bumi dan Perkembangannya. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 9(1), 67-77. Retrieved from https://scienceedujournal.org/index.php/PSEJ/article/view/195

References

  1. Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
  2. Cahyana, U., Paristiowati, M., Nurhadi, M. F., & Hasyrin, S. N. (2020). Studi Tentang Motivasi Belajar Siswa Pada Penggunaan Media Mobile Game Base Learning Dalam. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(2), 143–155. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/6323.
  3. Handoko, M. D., Sulthoni, S., & Ulfa, S. (2021). Pengembangan Multimedia Tutorial Berfitur Peta Konsep Untuk Belajar Lapisan Bumi Siswa Mts. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 148–157. https://doi.org/10.17977/um038v4i22021p148
  4. Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12. https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24981
  5. Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model ADDIE untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 516–525.
  6. Ongor, M., & Uslusoy, E., C. (2023). The Effect of Multimedia-Based Education In E-Learning On Nursing Students' Academic Success And Motivation: A Randomised Controlled Study. Nurse Education in Practice. 71. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2023.103686.
  7. Panjaitan, R. G. P., Titin, T., & Putri, N. N. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 141–151. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16062
  8. Pradana, I., Setyosari, P., & Sulthoni, S. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Cahaya. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 26–32. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p026
  9. Setyawan, W. C., Sulthoni, & Ulfa, S. (2019). Pengembangan Multimedia Game Edukasi Ipa Lapisan Bumi Untuk Mts. Jktp: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 30–36. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/index
  10. Sugrah, N. U. (2020). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Journal Humanika, 19(2), 121–138. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274
  11. Solikin, I. (2018). Implementasi Penggunaan Smartphone Android untuk Control PC (Personal Computer). Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(2), 249–252. https://doi.org/10.30591/jpit.v3i2.766
  12. Tabrani, M. B., Puspitorini, P., & Junedi, B. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis Android pada materi kualitas instrumen evaluasi pembelajaran matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 163–172. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.42943
  13. Wahyuni, A., & Yusmaita, E. (2020). Perancangan Instrumen Tes Literasi Kimia Pada Materi Asam dan Basa Kelas XI SMA/MA. Journal Edukimia, 2(3), 106–111. https://doi.org/10.24036/ekj.v2.i3.a186
  14. Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 82–92. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p82-92
  15. Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245
  16. Yunianto, T., Negara, H. S., & Suherman, S. (2019). Flip Builder : Pengembangannya Pada Media Pembelajaran Matematika. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 115–127. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.5056
  17. Yuniarti, N., & Murnaka, N. P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 8–16. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v4i2.154