Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keterampilan kolaborasi siswa antara yang menggunakan media pembelajaran monopoli berbasis literasi sains bervisi SETS dan menggunakan LKPD berbasis literasi sains pada materi tata surya. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen  dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang menghasilkan kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Intrumen penelitian ini berupa soal pretest-posttest, lembar observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini yaitu keterampilan kolaborasi pada kelas eksperimen sebesar 62,24% dengan kategori kolaboratif dan kelas kontrol sebesar 49,85% dengan kategori cukup kolaboratif. 

Keywords

Keterampilan Kolaborasi; Monopoli; SETS

Article Details

How to Cite
Anam, M. M., & Arfiani, Y. (2024). Deskripsi Keterampilan Kolaborasi Melalui Implementasi Media Pembelajaran Monopoli Berbasis Listerasi Sains Bervisi SETS. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 9(2), 88-95. https://doi.org/10.24905/psej.v9i2.228

References

  1. Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV SD. Jurnal Pijar MIPA, 16(2), 170–175. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446
  2. Atmojo, S. E. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Bervisi SETS Dengan Metode Discovery Learning Untuk Menanamkan Nilai Bagi Siswa Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 5(01), 8–20. https://doi.org/10.25273/pe.v5i01.321
  3. Cholis, M. R. N., & Yulianti, D. (2020). Pembelajaran Fisika Berbasis Science Technology Engineering And Mathematics (STEM) Untuk Mengembangkan Keterampilan Kolaborasi. Unnes Physics Education Journal, 9(3), 249–255. https://doi.org/10.15294/upej.v9i3.45865
  4. Dooley, K., & Sexton-Finck, L. (2017). A focus on collaboration: Fostering Australian screen production students’ teamwork skills. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability, 8(1), 74–105.
  5. Evayani, N. L. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Metode Outdoor Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 391–400. https://doi.org/10.5281/zenodo.4284193
  6. Fitrianti, D., Nugroho, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Implementasi Media Monopoli Invers Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kerja Sama Siswa. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 9(1), 30–41. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v9i1.3862
  7. Haviz, M., & Maris, I. M. (2020). Measuring Mathematics And Science Teachers’ Perception On Thinking And Acting In 21st-Century Learning. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(4), 1319–1328. https://doi.org/10.17478/JEGYS.747395
  8. Herawati Daulae, T. (2019). Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran Menuju Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Forum Pendagogik, 11(1), 52–63. https://doi.org/10.24952/paedagogik.v11i1.1778
  9. Jafar, A. F., & Mardia, A. (2017). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Monopoly Game Smart Terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Pendidikan Fisika, 5(1), 19–25. https://doi.org/10.24252/jpf.v5i1.3009
  10. Maimunah, I., Ainin, M., Muassomah, & Sanusi, A. (2022). Analisis Buku Ajar MI Berstandar ACTFL. Al-Fusha: Arabic Language Education Journal, 4(2), 52–64. https://doi.org/10.36835/alfusha.v4i2.847
  11. Nasibah, A., Fatkhurrohman, M. A., Hayati, M. N., & Fatkhomi, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran 3D Buklet Berbasis Literasi Sains. Pancasakti Science Education Journal, 6(2), 77–83. https://doi.org/10.24905/psej.v6i2.128
  12. Octaviana, F., Wahyuni, D., & Supeno. (2022). Pengembangan E-LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2345–2353. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2332
  13. Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34–42. https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612
  14. Prayogi, R. D., & Estetika, R. (2019). Kecakapan Abad 21 : Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 144–151. https://doi.org/10.23917/jmp.v14i2.9486
  15. Saputra, J. (2022). Pendekatan SETS Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia Kelas XI MIPA-3 Di SMA Negeri 1 Kembang Tanjong. Jurnal Sains Riset, 12(2), 382–388. https://doi.org/10.47647/jsr.v10i12
  16. Sufajar, D., & Qosyim, A. (2022). Analisis Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP Pada Pembelajaran IPA Di Masa Pandemi Covid-19. PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS, 10(2), 253–259.
  17. Sugiyono. (2006). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
  18. Suprayitno, T. (2019). Pendidikan Di Indonesia Belajar Dari Hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD.
  19. Susnadi. (2022). Implementasi Permainan Monopoli dalam Pembelajaran Kolaboratif untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Perdagangan Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 6 Berau. Jurnal Amanah Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 157–165.
  20. Susongko, P. (2016). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal.
  21. Ulfa, K., & Rozalina, L. (2019). Pengembangan media pembelajaran monopoli pada materi sistem pencernaan di SMP. Jurnal Bioilmi, 5(1), 10–22. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v5i1.3753
  22. Ulhusna, M., Diana, S., & Zakirman. (2020). Permainan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. International Journal Of Elementary Education, 4(2), 130–137. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i2.23050