Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan media yang layak digunakan dalam pembelajaran tentang
sumber energi dan kegunaannya pada kelas III SD Negeri Pandeanlamper 04 Semarang. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan dengan subjek penelitian siswa kelas III SD Negeri Pandeanlamper 04
Semarang semester II. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode kuesioner, observasi, dan
wawancara yang sebelumnya dilakukan uji validasi terhadap seluruh instrumen. Data dianalisis
menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Prosedur pengembangan media komik
menggunakan model ADDIE yang dikelompokkan dalam lima tahap, yakni analisis, rancangan,
pengembangan, implemetsi dan evaluasi. Pengembangan Media komik secara kuantitatif dan kualitatif
layak diterapkan dalam pembelajaran. Hasil penilaian oleh validator didapatkan penilaian oleh pakar media
1 diperoleh persentase 88%, hasil penelitian oleh pakar media 2 diperoleh persentase sebesar 83%, dari hasil
penilaian ahli materia 1 diperoleh hasil 88%, bahan expert assessment 2 diperoleh 80%. Sementara itu,
penilaian yang diberikan oleh siswa diperoleh 90,71% dan praktisi guru memperoleh persentase 87,15%.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik “Misugi Anaya” mampu meningkatkan
minat belajar siswa, mempermudah siswa dalam belajar, dan mempermudah siswa mengingat materi
pembelajaran

Keywords

Pengembangan Komik Misugi anaya

Article Details

How to Cite
Wakhyudin, H., & Roro Novita Permatasari, R. (2017). Pengembangan Media Komik Misugi Anaya Pembelajaran IPA Kelas III Materi Sumber Energi dan Kegunaannya. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 2(2), 98-103. Retrieved from https://scienceedujournal.org/index.php/PSEJ/article/view/83

References

  1. Arsyad, Azhar. (2014). Media
  2. Pembelajaran.Jakarta: PT. Raja
  3. Grafindo Persada
  4. Eko Yuli Supriyanta. (2015). Pengembangan
  5. Media Komik untuk Mata Pelajaran
  6. Ilmu Pengetahuan Sosial tentang Sejarah
  7. Persiapan Kemerdekaan Indonesia pada
  8. Kelas V SD Muhammadiyah Mutihan,
  9. Wates, Kulon Progo. (Diunduh pada
  10. tanggal 12 Oktober 2016)
  11. Listiyani, Indriana M. & Widayati, Ani.
  12. (2012). Pengembanagn Komik Sebagai
  13. Media Pembelajaran Akuntansi pada
  14. Kompetensi Dasar Persamaan Dasar
  15. Akuntansi untuk Siswa SMA Kelas XI.
  16. Diunduh pada tanggal 12 Oktober 2016
  17. Marianthi. (2009) “from dignitised comic
  18. books to digital hypermedia comic
  19. books: their use in education” Jurnal
  20. nirwana vol 1 No. 1 , 2.
  21. Noel Tri Darmanasto. (2015). Pengembangan
  22. Komik Jaka Tingkir Sebagai Media
  23. Pembelajaran Membaca Cerita Siswa
  24. Kelas III Di Kabupaten Boyolali.
  25. Diunduh pada tanggal 12 Oktober 2016
  26. HB Saputro, Soeharto. (2015). Pengembangan
  27. Media Komik Berbasis Pendidikan
  28. Karakter pada Pembelajaran TematikIntegratif Kelas IV SD. Diunduh pada
  29. tanggal 12 Oktober 2016
  30. Riduwan. (2012). Dasar-Dasar Statistika.
  31. Cetakan kesepuluh. Bogor: Alfabeta
  32. S Hadi. (2013). Pembelajaran Konsep Pecahan
  33. Menggunakan Media Komik Dengan
  34. Strategi Bermain Peran Pada Siswa SD
  35. Kelas IV Semen Gresik. Diunduh pada
  36. tanggal 20 November 2016
  37. Tatalovic. (2008). Science comics as tools for
  38. science education and communicatio: a
  39. brief, exploratory study. 1, (1), 1-
  40. 2(https://journal.uny.ac.id/index.php/c
  41. p/article/view/2385/pdf)