Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan menyediakan bahan ajar yang tepat untuk meningkatkan pemahaman konsep dan
klasifikasi tentang vertebrata khususnya Amphibia. Penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan yang
diawali dengan tahapan analisis kebutuhan, selanjutnya dikembangkan story board, pengembangan maket
game edukasi, CD interaktif game offline dan buku panduan. Hasil penelitian bahan ajar berupa media Game
Edukasi Amphibia telah dinyatakan memiliki validitas aspek media dengan kriteria kelayakan sangat layak
dengan skor yang diperoleh 3,5. Sehingga dapat disimpulkan media Game Edukasi “Amphibia” sangat layak
dan direkomendasikan untuk menunjang pembelajaran keanekaragaman hewan khususnya materi “Class
Amphibia”

Keywords

Game Edukasi Amfibia

Article Details

How to Cite
Citraning Rachmawati, R., & Nurwahyunani, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Keanekaragaman Hewan Berbasis Game - Offline Pada Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 3(1), 9-17. Retrieved from https://scienceedujournal.org/index.php/PSEJ/article/view/94

References

  1. Anneahira. (2011). Mengenal Macam-Macam
  2. Games. [online]. Tersedia:
  3. http://www.anneahira.com/macammacam-games.htm Diakses 19/09/2017
  4. Azhar Arsyad. (2002). Media Pembelajaran.
  5. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
  6. Creswell, John W & Vicki L. Piano Clark.
  7. (2007). Designing and
  8. Conducting:Mixed Methods Research.
  9. London: Sage Publications
  10. Dani M. (2008). Pembelajaran Interaktif dan
  11. Aktraktif Berbasis Game dan Animasi
  12. untuk Pendidikan Dasar dan Menengah
  13. di Indonesia. Paper pada e- Indonesia
  14. Initiative 2008 Konferensi dan Temu
  15. Nasional Teknologi informasi dan
  16. Komunikasi untuk Indonesia. Jakarta.
  17. http://iatt.kemenperin.go.id/tik/fullpap
  18. er/fullpaper183_MohamadDani.pdf.
  19. Diakses, 19/09/2017.
  20. Handriyantini. (2009). Permainan Edukatif
  21. Berbasis Komputer Untuk Siswa Sekolah
  22. Dasar. Malang : Sekolah Tinggi.
  23. Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor
  24. yang mempengaruhi. Jakarta : Rineka
  25. Cipta.
  26. Sudrajat Akhmad. (2008). Pengertian, Fungsi,
  27. dan Jenis Media Pembelajaran.
  28. https://akhmadsudrajat.wordpress.com/
  29. 2008/01/12/konsep-mediapembelajaran/. Diakses 19/09/2017.
  30. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian
  31. Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung :
  32. Alfabeta.
  33. Susanto. Eko. (2009). 60 Games untuk
  34. Mengajar. Yogyakarta : Lukita
  35. Warsita B. (2008). Teknologi Pembelajaran,
  36. Landasan dan Aplikasinya. Jakarta : PT
  37. Bumi Aksara.