Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran GI-GI (Group Investigation – Guided Inquiry) terhadap hasil belajar dan sikap ilmiah siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Sempu dengan populasi siswa kelas VII semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Sampel penelitian ini terdiri kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penilaian hasil belajar ranah pengetahuan menggunakan lembar soal tes dan penilaian ranah keterampilan menggunakan non-tes berupa penugasan, sedangkan sikap ilmiah menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji t-test, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran GI-GI berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dan sikap ilmiah siswa SMP.

Keywords

IPA Model Pembelajaran GI-GI Hasil Belajar Sikap Ilmiah

Article Details

How to Cite
Yulianawati, R., Sutarto, S., & Budiarso, A. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) pada Materi Pencemaran Lingkungan terhadap Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 6(2), 57-68. https://doi.org/10.24905/psej.v6i2.126

References

  1. Aini, Z., A. Ramdani, dan A. Raksun. 2018. Perbedaan penguasaan konsep biologi dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan guided inquiry di MAN 1 Praya. Jurnal Pijar MIPA. 13(1): 19-23.
  2. Aninda, A., A. Permanasari, dan D. Ardianto. 2019. Implementasi pembelajaran berbasis proyek pada materi pencemaran lingkungan untuk meningkatkan literasi STEM siswa SMA. Jurnal of Science Education and Practice. 3(2): 1-16.
  3. Asyifa, C. D., Sukarmin, dan Y. Radiyono. 2019. Penerapan model pembelajaran GI-GI (group investigation-guided inquiry) pada materi momentum dan impuls untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika. 9(2): 122-126.
  4. Budiarso, Aris Singgih. 2017. Analisis validitas perangkat pembelajaran fisika model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA pada materi listrik dinamis. Jurnal Edukasi. 4(2): 15-20.
  5. Indrawati., Sutarto., I. K. Mahardika., A. Hayanto, dan I. Wicaksono. 2017. The impact of GI-GI model on the ability of developing lesson plan and pck of physics prospective teacher undergraduate students. International Journal of Research in Humanities and Social Studies. 4(9): 6-15.
  6. Ningsih, S. T. R., Indrawati, dan Yushardi. 2017. Implementasi model GI-GI (group investigation-guided inquiry) pada pembelajaran gerak melingkar di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. 6(4): 333-339.