Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang Pembelajaran STEM, kendala dan solusi yang dilakukan oleh guru di daerah 3T (Terluar, Tertinggal dan Terdepan) serta daerah perbatasan Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan aplikasi google formula yang dibagikan kepada 20 orang Guru Garis Depan yang ada di daerah 3T (Terdepan, Tertinggal, dan Terluar) dan perbatasan Indonesia. Diperoleh hasil bahwa 80% responden telah menggunakan STEM dalam Pembelajaran, 70% responden telah memahami penerapan STEM dalam Pembelajaran Jarak Jauh, 10% guru menggunakan media berbasis suara berupa pesan suara pada WhatsApp Group dan Handy Talkie. Sedangkan 20% menggunakan gambar dan power point, dan hampir 70% responden menggunakan Youtube atau Google Classroom, 50% reseponden telah menggunakan berbagai aplikasi online, sedangkan 30% meminta siswa membuat proyek, 10% responden meminta siswa mengerjakan praktikum mandiri, serta 10% responden mendatangi siswa secara langsung di rumah saat pandemic Covid-19.

Keywords

STEM Daerah Terluar Tertinggal Terdepan Pandemi

Article Details

Author Biography

Niken Eka Priyani, SD Negeri 29 Idai

Biodata Penulis

Niken, Lahir di Klaten 28 Mei 1987, Ia adalah lulusan tercepat di FMIPA UNNES Jurusan Kimia Prodi Pendidikan Kimia untuk wisuda angkatan 1 tahun 2009 dengan menempuh pendidikan selama 3 tahun 5 bulan 10 hari. Sewaktu kuliah selain mengikuti organisasi kampus diantaranya HIMAMIA (HIMA KIMIA) UNNES, CJC (Chemistry Journalist Club) menjadi sekretaris serta RIPTEK, Ia juga mengikuti program Hibah A2 pada tahun 2006 bersama dosen yaitu mengajar SMA dengan bahasa inggris. Selain itu juga ikut dalam penelitian dosen dalam bidang pendidikan sehingga membantu mempercepat proses skripsinya. Setelah lulus S1 tahun 2009 Ia mengabdikan diri mengajar serta menjadi laboran di SMA NEGERI 1 KARANGANOM Kabupaten Klaten. Tahun 2009 itu pula melanjutkan studi S2 di Universitas Sebelas Maret Surakarta prodi Pendidikan Sains dan lulus pada tahun 2010. Pada tahun 2011 Ia menjadi salah satu tenaga pendidik SM-3T angkatan ke-1 dari LPTK Universitas Negeri Semarang yang ditugaskan di SMP Negeri 7 Satarmese, Kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur.
Setelah menyelesaikan program SM-3T, tahun 2013 Ia melanjutkan studi beasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) SM3T Pendidikan Kimia di Universitas Negeri Semarang. Setelah menyelesaikan studi PPG kemudian mengajar di Solo. Saat ini ia kembali mengabdikan diri menjadi guru di SD Negeri 29 Idai, Kecamatan Ketungau Hulu Kabupaten Sintang. Saat mengabdi di SD Negeri 29 Idai kegiatan tingkat nasional yang pernah diikuti adalah Lolos mengikuti PELATIHAN ALAT PERAGA MATEMATIKA SEDERHANA (APMS) OLEH PPPPTK MATEMATIKA YOGYAKARTA mewakili Kabupaten Sintang, Lolos mengikuti SEMINAR NASIONAL GURU DIKDAS BERPRESTASI ANGKATAN II di Jakarta mewakili Kabupaten Sintang, Mengikuti LOKAKARYA NASIONAL dalam Rangka Hari Guru Sedunia 2018 oleh UNESCO mewakili Provinsi Kalimantan Barat, Mengikuti PEMBINAAN KARIR GURU DAERAH KHUSUS Mewakili Kabupaten Sintang di Bali oleh Kemendikbud, Mengikuti Bimtek Literasi di Palembang, Simposium Nasional oleh PPPPTK IPA di Jakarta, Pelatihan Pembuatan Soal Berbasis UN dan PISA di PPPPTK Matematika Yogyakarta, Pelatihan Pembekalan AjarMat Tahap II oleh PPPPTK Matematika di Jakarta mewakili Kabupaten Sintang. Sedangkan kegiatan Internasional yang pernah diikuti adalah Course on Joyful Learning in Mathematics Education for Primary School Teachers yang diadakan tingkat ASIA TENGGARA oleh SEAMEO QITEP in Mathematics. Alamat email yang dapat dihubungi adalah nikensuka@gmail.com.

How to Cite
Priyani, N. E., & Nawawi, N. (2021). Analisis Pembelajaran STEM di Daerah Terluar Tertinggal Terdepan Indonesia Selama Masa Pandemi. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 6(1), 30-37. https://doi.org/10.24905/psej.v6i1.30

References

  1. Astuti, N. H., Rusilowati, A., &Subali, B. (2020). STEM-Based Learning Analysis to Improve Students’ ProblemSolving Abilities in Science Subject: a Literature Review. Journal of Innovative Science Education, 9(2), 79-86.
  2. Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Lampuhyang, 11(2), 13-25.
  3. Ceylan, S., &Ozdilek, Z. (2015). Improving a sample lesson plan for secondary science courses within the STEM education. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 177, 223-228.
  4. Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.
  5. Negara, H. R. P., Ibrahim, M., & Etmy, D. (2020). Pelatihan Pembelajaran Daring (Google Classroom) bagi Guru MTs dan MI Nurul Yaqin Kelanjur. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(1), 66-79.
  6. Nurkanti, M., & Darta, D. (2019). Persepsi Penerapan Model Stem (Science, Technology, Engineering And Mathematics) Untuk Meningkatkan Pemahaman Guru Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 2, 863-868.
  7. Patresia, I., Silitonga, M., & Ginting, A. (2020). Developing biology students’ worksheet based on STEAM to empower science process skills. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(1), 147-156.
  8. Pertiwi, R. S., Abdurrahman, A., & Rosidin, U. (2017). Efektivitas lks stem untuk melatih keterampilan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2).
  9. Samion, S., &Darma, Y. (2018). Minimum Service Standards for Basic Education in Border Region. Journal of Education, Teaching and Learning, 3(1), 104-112.
  10. Sari, M., Nawawi, N., & Darmawan, H. (2020). ANALISIS PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMIK (COVID-19) PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI IKIP PGRI PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer (JPTIK), 2(1), 1-7.
  11. Suciati, S., & Ariningsih, A. (2016). Pengembangan Model Pendidikan Menengah “Sekolah Kebangsaan “di Daerah Terpencil, tertinggal, terluar dan Perbatasan sebagai Implementasi Pembelajaran Pkn. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1(1), 76-85.
  12. Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133-140.