Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan multirepresentasi verbal dan tabel mengenai pemahaman konsep spektrum gelombang elektromagnetik pada mahasiswa fisika semester 5 di Universitas Jember. Penelitian ini dilakukan secara online dengan suatu metode secara kuantitatif melalui kuisioner. Kuisioner ini dibagikan secara online melalui salah satu media sosial WhatsApp. Gelombang elektromagnetik adalah suatu bentuk gelombang transversal yang terbentuk dari medan magnetik dan medan listrik, bukan terbentuk dari suatu materi seperti pada tali dan air sehingga dapat merambat dalam ruang hampa. Selanjutnya dalam gelombang elektromagnetik ini terdapat spektrum gelombang elektromagnetik diantaranya ada gelombang mikro, gelombang radar, sinar infrared, ada sinar UV, sinar X serta sinar gamma. Pemahaman konsep multirepresentasi dapat dilakukan dengan bentuk verbal, tabel, grafik maupun gambar. Telah diketahui dari penelitian bahwa pemahaman konsep mahasiswa fisika ini lebih mengarah pada pemahaman konsep berbasis verbal dari pada tabel. Kemampuan verbal diperoleh nilai sebesar 61,43 % sedangkan yang tabel 42,38 % dari 42 mahasiswa.


 

Keywords

Multirepresentasi Spektrum Gelombang Elektromagnetik

Article Details

How to Cite
Tristanti, D. D. T., & Sudarti, S. (2021). Analisis Kemampuan Multirepresentasi Verbal dan Tabel Tentang Konsep Spektrum Gelombang Elektromagnetik pada Mahasiswa Fisika. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 6(2), 46-51. https://doi.org/10.24905/psej.v6i2.38

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Abdullah H.Y., Sudarti, Alex H. (2018). Analisis Intensitas Medan Magnet pada Handphone dalam Mode Panggilan dan Standby. Seminar Nasional Pendidikan Fisika Universitas Jember. p.14-18
  3. Arikunto, S., Jabar, C. S. A. (2004). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  4. Dewi, Inaz Kemala dan Anggraeni Janar Wulan. (2015). Efek Paparan Gelombang Elektromagnetik Handphone terhadap Kadar Glukosa Darah. Jurnal Majority. Vol. 4 (7).
  5. Fatimah, Siti. (2016). Analisis Multirepresentasi Mahasiswa PGSD pada Konsep Gelombang dan Bunyi. Jurnal Premiere Educandum. Vol.6(2).
  6. Giancoli, Douglas C. (2014). FISIKA: Prinsip dan Aplikasi Edisi Ketujuh Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
  7. Halliday, David, Robert Resnick, Jearl Walker. (2005). Fisika Dasar Edisi Ketujuh Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
  8. Krane. Kenneth S. (1992). Fisika Modern. Jakarta : UI-Press.
  9. Mahardika, I Putu dkk. (2010). Efek Radiasi Gelombang Elektromagnetik Ponsel terhadap Kesehatan Manusia. www.detik.com [diakses pada 26 Oktober 2020 pukul 08.33].
  10. Susilo. (2017). Pengaruh Pembelajaran Multirepresentasi Berbantuan Multimedia terhadap Perubahan Jenis Representasi Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. Vol.2(1).
  11. Sutarto. (2005). Buku Ajar Fisika (BAF) dengan Tugas Analisis Foto Kejadian Fisika (AFKF) sebagai Alat Bantu Penugasan Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No, 54,
  12. Timor, Agus Rahmad, Hanalde Andre dan Ariadi Hazmi. (2016). Analisis Gelombang Elektromagnetik dan Seismik yang ditimbulkan oleh Gejala Gempa. Jurnal Nasional Teknik Elektro. Vol.5(3).
  13. Tipler, Paul A. (2001). Fisika untuk Sains dan Teknik. Jakarta: Erlangga.