Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan untuk mengembangkan media video animasi berbasis aplikasi Canva dalam pembelajaran IPA. Analisis kebutuhan dilakukan berdasarkan tahapan awal dalam model pengembangan ADDIE, yaitu analysis (Analisis). Analisis ini dilakukan untuk mengetahui penggunaan media pada saat proses pembelajaran IPA secara daring. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket atau kuisioner dengan jenis data kuantitatif dan bersifat angket tertutup. Penyebaran angket ini menggunakan google form berupa link yang diisi secara online. Hasil analisis kebutuhan dari 10 guru kelas IV dan 163 siswa kelas IV di 9 sekolah dasar yang berada di Jakarta dan Wonogiri menunjukkan bahwa 90% guru menyatakan bahwa media video animasi berbasis Canva itu menarik, 90% guru menyatakan perlu dan setuju menggunakan media video animasi berbasis aplikasi Canva dalam pembelajaran IPA. Hasil analisis pada siswa  menunjukkan tidak jauh dari hasil analisis pada guru yaitu 91,4 % siswa menyatakan bahwa media video animasi berbasis aplikasi Canva itu menarik dan 83,4% siswa menyatakan perlu menggunakan media video aplikasi Canva dalam pembelajaran IPA. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan perlu ada pengembangan media video animasi berbasis aplikasi Canva dalam pembelajaran IPA.

Keywords

Analisis Kebutuhan Media Video Animasi Aplikasi Canva Pembelajaran Daring

Article Details

How to Cite
Permata Puspita Hapsari, G., & Zulherman. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva pada Pembelajaran IPA. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 6(1), 22-29. https://doi.org/10.24905/psej.v6i1.43

References

  1. Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2019). PEMANFAATAN MEDIA BERBASIS ICT “KAHOOT” DALAM PEMBELAJARAN PPKN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn, 6(2), 208–216. https://doi.org/10.36706/jbti.v6i2.10118
  2. Ananda, R. (2017). PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 016 BANGKINANG KOTA. Jurnal Basicedu, 1(1), 21–30.
  3. Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–43. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
  4. Dadi, I. K., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2019). ANALISIS KEBUTUHAN UNTUK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MIND MAPPING. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(2), 70–79. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19375
  5. Dwipayana, P. A. P., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2020). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KONTEKS BUDAYA LOKAL UNTUK PEMBELAJARAN IPA SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 3(1), 49–60.
  6. Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
  7. Ichsan, I. Z., Dewi, A. K., Hermawati, F. M., & Iriani, E. (2018). Pembelajaran IPA dan Lingkungan: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran pada SD, SMP, SMA di Tambun Selatan, Bekasi. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 131. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.682
  8. Maryanti, S., & Kurniawan, D. T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI STOP MOTION UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN APLIKASI PICPAC. Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi, 8(1), 26–33. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i1.2922
  9. Purnamasari, S. (2020). Pengembangan Praktikum IPA Terpadu TipeWebbed untukMeningkatkan Keterampilan Proses Sains. Pancasakti Science Education Journal, 5(2), 8–15.
  10. Rahmasari, E. A., & Yogananti, A. F. (2021). KAJIAN USABILITY APLIKASI CANVA (STUDI KASUS PENGGUNA MAHASISWA DESAIN). ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(01), 165–178. https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i01.4292
  11. Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, 7(2), 79–85.
  12. Zulfadewina, Z., Sucipto, A., Iba, K., & Zulherman, Z. (2020). Development of Adobe Flash CS6 Multimedia-Based Learning Media on Science Subjects Animal Breeding Materials. Jurnal Basicedu, 4(4), 1308–1314. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.551
  13. Zulherman, Z., Amirullah, G., Purnomo, A., Aji, G. B., & Supriansyah. (2021). Development of Android-Based Millealab Virtual Reality Media in Natural Science Learning. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(1), 1–10.